N-Share

share for everythings

More About Me...

Lorem ipsum dolor sit amet, nisl elit viverra sollicitudin phasellus eros, vitae a mollis. Congue sociis amet, fermentum lacinia sed, orci auctor in vitae amet enim. Ridiculus nullam proin vehicula nulla euismod id. Ac est facilisis eget, ligula lacinia, vitae sed lorem nunc. Orci at nulla risus ullamcorper arcu. Nunc integer ornare massa diam sollicitudin.

Another Tit-Bit...

Lorem ipsum dolor sit amet, nisl elit viverra sollicitudin phasellus eros, vitae a mollis. Congue sociis amet, fermentum lacinia sed, orci auctor in vitae amet enim. Ridiculus nullam proin vehicula nulla euismod id. Ac est facilisis eget, ligula lacinia, vitae sed lorem nunc.

AWAS, Mobile Content Provider bisa Mengecoh Anda!


Sudah 3 tahun belakangan ini bisnis Content Provider (CP/Penyedia Konten) berkaitan dengan handphone mulai merebak. Content Provider yang dimaksud adalah misalnya layanan SMS Cinta, SMS Artis, SMS kuis, SMS Download game, dan lainnya. Dan akhir-akhir ini iklan di media mengenai Content SMS itu mulai merebak kembali, baik di Indonesia ataupun Malaysia.

Sebagai gambaran :

Mau mendapatkan info mengenai bintang kelahiran kamu? kirim “REGPisces” ke 2303 (Kalau Indonesia shortcodenya 4 digit, Malaysia 5 digit).

Tahukan anda apa yang terjadi setelah kita mengirim SMS seperti itu? Yang pasti anda akan langsung terdaftar sebagai anggota dari layanan tersebut. Ok sampai langkah ini tidak ada masalah. Yang masalah adalah, kebanyakan dari perusahaan CP akan mengambil untung yang menggila dan sedikit mengecoh anda.

Saya pernah bekerja di salah satu perusahaan SMS Gateway dan CP di Malaysia. Dan pernah juga merasa dirugikan oleh salah satu CP di Malaysia :D. Dalam bisnis Content SMS ini, sebenarnya setiap perusahaan telco (seperti Telkomsel, Indosat, Digi dll) telah memberikan peraturan-peraturan (regulasi) yang harus dipenuhi oleh perusahaan CP tersebut. Diantaranya adalah (saya mengambil contoh peraturan di Malaysia) :

  • Standar dalam penggunaan keyword untuk mendaftar dan membatalkan pendaftaran. Contoh : Pendaftaran - REG, DAFTAR; Pembatalan - UNREG, BATAL
  • Range biaya content. Biasanya telah ditentukan pola regulasi biayanya (microcharging mechanism), contoh Rp 0 (gratis); Rp 500,- ; Rp 1000,- ; Rp2000,- dst. Dan ada batas maksimumnya. Kalau di Malaysia RM 10.
  • Biaya yang dikenakan terhadap user tersebut haruslah dicantumkan pada konten SMS yang diterima user. Oleh karena itu terkadang kita menerima SMS seperti ini (contoh) : [Free SMS] Nikmati tulisan menarik dan bermanfaat bila anda selalu mengikuti blog ini; [Rp 0] bla bla bla, [RM 0] bla bla bla. Itu untuk contoh yang gratis. Kalau yang ada biaya (studi kasus di Malaysia) : [RM3] Anda harus lebih banyak meningkatkan amal ibadah anda. RM = Ringgit Malaysia, jadi artinya user yang menerima satu SMS tersebut akan dipotong pulsanya sebesar RM 3.

Nah, kembali ke judul postingan saya kali ini. AWAS, Mobile Content Provider bisa Mengecoh Anda! Karena tidak semua orang tahu cara untuk membatalkan layanan yang telah didaftarnya tersebut. Karena, kalau kita perhatikan iklan di berbagai media, tulisan UNREG kirim ke XXXX tersebut sangatlah kecil dan singkat durasinya. Sedangkan menurut saya, kalau anda terus mengikuti layanan yang seperti itu maka anda akan rugi. Karena biasanya mereka (CP) akan memberikan pesan-pesan SMS yang berupa informasi dan lain sebagainya. Dan tahukah anda, semua pesan tersebut akan memotong pulsa anda. Dan biasanya besar pulsa yang dipotong per SMS adalah Rp 2000,-. Coba anda perhatikan iklan SMS Content di TV, ada tulisan kecil “Anda akan menerima 2 SMS/bulan. 1 SMS sebesar RP 2000,00″, atau bahkan 1 SMS/2 hari jika itu layanan SMS artis. Nah lhooo, selagi anda tidak membatalkan layanan tersebut uang anda akan mengalir seperti karung bocor.

Yang perlu diketahui lagi adalah besarnya biasa asli yang dikenakan kepada CP oleh telco. Untuk di Indonesia adalah sebesar Rp 74,- /SMS konten dan 1 sen/SMS untuk Malaysia. Bayangkan! sedangkan kebanyakan dari CP adalah memberikan biaya Rp 2000,-/SMS mereka. Belum lagi pencurian pulsa seperti yang saya sebutkan diatas.

Saran

  1. Tidak usah termakan oleh iklan-iklan mengenai konten SMS.
  2. Jika ingin membeli games untuk HP, maka belilah dari layanan telco langsung. Seperti milik telkomsel. Karena, kemungkinan jika anda membeli dari CP, setelah mengunduh game, maka anda otomatis akan menjadi anggota dan akan menerima SMS informasi yang akan memotong pulsa anda.
  3. Jika anda mendapatkan SMS Spam, maka diamkan jangan dibalas. Dan jika cukup mengganggu maka telefon customer service provider anda untuk mendapatkan bantuan dan melaporkan CP nakal.

0 komentar:

Posting Komentar