N-Share

share for everythings

More About Me...

Lorem ipsum dolor sit amet, nisl elit viverra sollicitudin phasellus eros, vitae a mollis. Congue sociis amet, fermentum lacinia sed, orci auctor in vitae amet enim. Ridiculus nullam proin vehicula nulla euismod id. Ac est facilisis eget, ligula lacinia, vitae sed lorem nunc. Orci at nulla risus ullamcorper arcu. Nunc integer ornare massa diam sollicitudin.

Another Tit-Bit...

Lorem ipsum dolor sit amet, nisl elit viverra sollicitudin phasellus eros, vitae a mollis. Congue sociis amet, fermentum lacinia sed, orci auctor in vitae amet enim. Ridiculus nullam proin vehicula nulla euismod id. Ac est facilisis eget, ligula lacinia, vitae sed lorem nunc.

Review Nokia N78


Nokia N78 memang baru dikenalkan bulan lalu, tapi sensasinya sudah ke mana-mana. Hape Nseries yang dipersembahkan untuk kalangan menengah ini menjanjikan fitur yang banyak dan menarik. Menyimak dari komentar Pak Dominikus Susanto dari Nokia Indonesia, Nokia N78 ini akan menjadi penerus dari N73.

Wah, seru banget tuh! Secara N73 memang salah satu hape Nokia yang asik banget. Kalau sudah ada penerusnya, berarti N73 sudah terhitung hape lama ya. Sedih juga nih, soalnya sampai saat ini pun saya belum punya hape laris ini. Ya mudah-mudahan kalau N78 sudah nongol, N73 turun harga banyak…biar bisa kebeli. Hehehe…sebenarnya masih mau curhat, tapi berhubung halamannya terbatas mending langsung ke review aja deh!

Desain

Nokia punya pengalaman yang luar biasa banyak dalam menciptakan berbagai jenis hape yang sukses di pasaran. Dari banyaknya hape yang sukses, kayanya sih wajar kalau tim desain mereka mendapat applause untuk itu. Nah, lantas bagaimana kalau tim desain Nokia berkeinginan untuk menggabungkan tiap unsur kesuksesan dalam sebuah hape? Mungkin jawabannya adalah N78 ini.

Menurut saya, desain N78 ini memang unik karena menggabungkan beberapa unsur desain Nokia yang sukses. Lihat saja tampilan depannya yang sekilas mirip N77. Lalu coba balik hape ke bagian belakang yang mirip dengan N73.

Untuk pernik kecilnya, coba perhatikan ikon dan tombol musik yang ditemani kemampuan Navi key. Hmm…ini juga pernah dipakai di N81. Nggak cuma berkutat di Nseries, desain hape premium pun turut diambil. Perhatikan lampu yang berpendar di bagian dalam lis tombol navigasi serta layar dan ikon serta angka-angka di keypad yang seketika menjadi gelap jika hape didiamkan…soooo cute, so 8600 Luna.

Penggabungan berbagai elemen desain yang sukses memang langkah yang cukup jitu. Karena paling nggak respon pasar untuk elemen desain tersebut sudah diketahui. Tapi jangan sembarangan main templak-templok aja, salah-salah malah jadi aneh. Bayangin muka cewek yang tiap bagiannya merupakan bagian muka terbaik dari banyak cewek lainnya. Bisa jadi luar biasa cakep, tapi kemungkinan besar jadi aneh kan?

Untuk soal ini sih nggak usah khawatir jadi aneh lah! Tim desain Nokia terdiri dari desainer-desainer luar biasa berbakat. Masa nggak ngerti komposisi desain. Buktinya N78 ini jadi kelihatan lebih manis, sesuai dengan sasarannya untuk jadi Nseries yang cakep sekaligus punya banyak kemampuan.

Di luar pengambilan unsur-unsur lama ini, ada banyak hal baru di sisi desain. Seperti beberapa tombol yang rata tanpa rongga serta deretan keypad manis yang cuma berbentuk empat garis timbul.

Fitur

Meski berasal dari Nseries kelas N7x, hape ini sama sekali nggak bisa dianggap nanggung dalam fitur dan teknologi. Sebagai penerus dari N73, hape ini bisa dibilang lengkap dan tangguh untuk dipakai dalam berbagai keperluan multimedia. Malah sang penerus ini nambahin beberapa fitur baru yang kayaknya lumayan untuk jadi nilai jual tambahan.

Kalau dari fitur multimedia standar (saya bilang standar karena produk ini adalah sebuah Nseries), N78 ini dilengkapi dengan kamera 3,2 Mpix, pemutar file multimedia (musik dan video), photo dan video editor, radio dan game. Ada juga fitur lain seperti GPS yang sekarang sudah mulai lazim.

Fitur baru yang layak disebutkan adalah adanya kemampuan geotagging di GPS-nya serta FM Transmitter di pemutar musiknya. Dua fitur baru yang dikenalkan bulan lalu ini kayaknya sih bakal jadi fitur yang booming di tahun 2008 ini. Terbukti dengan sudah tersedianya beberapa hape yang support fitur ini.

Selain itu, ada lagi beberapa hal baru yang berkenaan dengan tampilan di S60. Hal baru ini adalah adanya pilihan wallpaper yang bisa berganti sesuai waktu yang ditentukan. Slideshow wallpaper namanya, mirip-mirip wallpaper komputer gitu deh. Terus ada juga pilihan Vertical Active Standby yang menyediakan shortcut vertikal ke berbagai menu pilihan.

Kinerja

Untuk kinerja, nggak usah diragukan lagi deh. Secara, ini Nseries gitu loh! Kameranya bagus dan dapat bekerja maksimal sesuai kelasnya. Lalu pemutar musiknya juga oke. Speaker-nya sudah cukup dalam artian nggak terlalu keras sampai mengganggu orang. Lagian hari gini jarang juga sih ada orang yang menikmati pemutar musik digital pakai speaker built-in. Kalau nggak pakai headset ya paling pakai speaker tambahan yang memang oke punya kualitasnya.

Nyobain fitur FM transmitter-nya, saya jadi lumayan terpana. Walaupun mungkin ini bukan fitur yang terlalu wah, tapi lebih berguna buat end-user seperti kita daripada mungkin UPnP yang terlalu mahal perangkatnya atau push to talk yang sampai sekarang nggak bisa dipakai.

Begitu selesai di-setting, saya bisa mendengar file musik yang saya simpan di hape lewat radio rumah. Iseng-iseng saya coba dengerin pakai radio FM di hape Nokia lainnya. Hasilnya sama juga, tetap keren. Secara umum, fitur sederhana yang berguna ini bisa membantu saya mendengar koleksi musik di hape di semua radio tanpa bantuan adapter.

SPESIFIKASI Nokia N78

Jaringan: GSM 850/900/1800/1900 MHz
Dimensi: 113 x 49 x 15,1 mm
Berat: 101,8 gram
Display: TFT, 16 juta warna, Res. 240 x 320 pixel
Kamera: 3,15 MPix, Res.2048 x 1536 pixel, autofocus, optik Carl Zeiss, video(VGA 15fps), flash; secondary CIF videocall camera
Memory: 70 MB internal memory, slot microSD (TransFlash), hotswap
Fitur: OS Symbian S60 rel. 3.2, HSDPA, GPRS kelas 11, EDGE kelas 32, HSCSD, Wi-Fi 802.11 b/g, UPnP, Bluetooth v2.0 dengan A2DP, slot microUSB v2.0, WAP 2.0/xHTML, HTML, RSS feeds, Java MIDP 2.0, SMS, MMS, Email, Instant Messaging, MP3/M4A/AAC/eAAC+/WMA player, Stereo FM radio, FM transmitter, A-GPS support, Push to Talk, Document viewer, PIM termasuk calendar, to-do list and printing, Voice command/dial, Photo/video editor, jack audio 3,5 mm, Integrated handsfree, Stereo speaker
Batere: Li-Ion 1200 mAh
Standby Time: 320 jam
Talk Time: 4,5 jam

Opini

Orang Nokia sendiri menyebut N78 ini sebagai penerus N73. Kalau kita lihat di pasaran, N73 memang jadi salah satu Nseries yang paling sukses. Hal itu bisa dipastikan karena fiturnya yang memang lengkap dengan harga yang masih dalam jangkauan. Nah, kalau begitu ceritanya, ada kemungkinan N78 bakal mengulang sukses yang sama. Tapi sukses atau nggak sih itu pasar yang menentukan, kita lihat saja nanti.

0 komentar:

Posting Komentar